Rabu, 30 November 2011

Review Materi

Pertemuan ke-1
kontrak kuliah
 http://www.blogger.com/post-create.g?blogID=3865691698118113176
pertemuan ke-2
perkembangan teknologi Komputer

Tentang buka
h Perkembangan Komputer


sejarah komputer 120x120 Artikel Sejarah Perkembangan KomputerKali ini saya ingin berbagi pengetahuan mengenai sejarah perkembangan komputer. Semakin majunya teknologi zaman tidak luput dari peran komputer. Begitu pentingnya komputer di kehidupan kita. Tapi tidak semua orang pengguna komputer tau sejarah dari awal penemuan komputer. Siapakah penemunya, dan bagaimana perkembangan kemajuan komputer hingga menjadi seperti saat ini. Untuk lebih detailnya simak ulasan di bawah ini.

Kebanyakan orang mengenal sejarah komputer yang pertama kali dibuat adalah ENIAC. Komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 m dan tinggi 2.4 m dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Padahal komputer digital pertama sebenarnya adalah ABC (Atanasoff-Berry Computer). Namun ketenarannya menjadi pudar setelah “diserobot” ENIAC. Bagaimana asal mulanya?
erniac Artikel Sejarah Perkembangan Komputer

erniac
eniac 2 600x450 Artikel Sejarah Perkembangan Komputer

eniac 2
Sejarah Perkembangan Komputer

Di era teknologi informasi dan komunikasi yang pesat sekarang ini, komputer termasuk salah satu peranti “wajib” yang tak dapat diabaikan. Kini peranti yang pada dasarnya hanya untuk membantu proses berhitung (to compute) ini telah sangat ampuh dan multiguna. Merampungkan pekerjaan kantor, menikmati musik dan film, hingga nge-game dapat dilakukan menggunakan alat ini. Begitu pula menjelajah internet dan bertukar data antar pengguna yang terpisah jarak ribuan kilometer.

Vincent Atanasoff lahir pada 4 Oktober 1903 di Hamilton, New York, namun dibesarkan di Brewster, Florida. Sejak kecil Atanasoff telah menunjukkan ketertarikannya pada matematika. Anak seorang insinyur listrik ini pun tak mengalami banyak hambatan saat mereguk ilmu di bangku sekolah. Bahkan pendidikan menengahnya (setara SMA) diselesaikannya dalam waktu dua tahun saja.
Selepas itu Atanasoff melenggang ke University of Florida untuk menekuni bidang kelistrikan. Mungkin kekaguman pada sang ayah melandasi pilihannya ini. Di usia 22, dia lulus dengan menggondol gelar Bachelor of Science. Tak main-main, nilainya pun sempurna, A untuk semua bidang studi.
Penemu Komputer
penemu komputer Artikel Sejarah Perkembangan Komputer

penemu komputer

Selanjutnya Atanasoff melanjutkan studi tingkat master di Iowa State College. Di sini Atanasoff menekuni bidang matematika. Tak perlu waktu panjang, Atanasoff merampungkan studinya hanya dalam waktu satu tahun. Gelar master pun ia sabet di usianya yang ke-23 pada 1926.

Seakan tak puas, Atanasoff melanjutkan lagi studinya untuk mencapai tingkat doktor. Kali ini fisika menjadi pilihannya. Selama empat tahun Atanasoff berjuang meneliti seluk beluk helium. Akhirnya pada 1930, dengan mengusung tesis berjudul “The Dielectric Constant of Helium” studi formalnya pun rampung. Gelar Ph.D. bidang fisika teori ia peroleh di usia 27 dari University of Wisconsin.
kalkulator Artikel Sejarah Perkembangan Komputer

kalkulator

Saat menempuh studi doktornya, Atanasoff sering kali merasa buntu ketika harus menghitung menggunakan kalkulator mekanik. Meski termasuk mesin hitung tercanggih di era itu, Atanasoff merasa bahwa harus ada solusi lain untuk menggantikan kalkulator tersebut.

Pada 1936, Atanasoff berhasil membuat kalkulator analog. Alat ini dibuatnya setelah mempelajari cara kerja kalkulator mekanik Monroe dan mengkanibalnya serta menggabungkannya dengan tabung IBM. Alat hitung analog ini dapat bekerja baik. Meski demikian, hal itu tak memuaskannya.

Keterbatasan sistem mekanik dan analog membuat Atanasoff berpikir untuk menggunakan pendekatan digital. Namun, ide ini ternyata tak mudah dilaksanakan. Setelah hampir satu tahun mencoba mengimplementasikan gagasannya, Atanasoff merasa menemukan jalan buntu. Puncaknya terjadi saat musim dingin pada 1937.

Setelah penat berkutat di laboratorium, Atanasoff bermaksud mendinginkan otaknya agar tak “meledak” hanya gara-gara buntu pikiran. Ia pun segera mengambil mobilnya dan menyusuri jalan sambil menyegarkan diri. Namun tak dinyana, saat berkendara itu ternyata otaknya terus bekerja dan tak bisa berhenti memikirkan masalah yang sedang dikerjakannya. Hingga tak terasa telah lebih dari 300 km panjang jalan yang ditelusurinya.

Akhirnya Atanasoff memutuskan untuk berhenti di sebuah kedai. Di saat sedang rileks itulah Atanasoff menerima “pencerahan’ ‘. Berbagai ide segar datang silih berganti menari-nari di otaknya. Salah satunya adalah matematika binari dan logika Boolean. Solusi itu dianggapnya pas untuk komputer digital yang sedang dirancangnya.

“Oleh-oleh” berharga buah dari perjalanan ke Rock Island itu pun segera dimatangkannya. Pada September 1939, Atanasoff mendapat suntikan dana sebesar 650 dolar AS. Selain itu, ia pun mendapat bantuan tenaga dan pikiran dari Clifford Berry, salah satu mahasiswanya yang sama-sama gandrung akan solusi digital.

Atanasoff dan Berry segera mewujudkan komputer impian mereka pada November 1939. Prototipe yang mereka buat ternyata dapat bekerja. Atanasoff menamakan mesin hitung digitalnya itu dengan ABC. Kependekan dari Atanasoff-Berry Computer.
Komputer ABC

komputer ABC 600x405 Artikel Sejarah Perkembangan Komputer

komputer ABC

Lebih dari sekadar dapat bekerja, ABC pun ternyata lebih unggul dari mesin hitung lain yang ada saat itu. Ini dibuktikannya dengan mampu menyelesaikan 29 persamaan linear secara bersamaan. Dibutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mendapatkan penyelesaiannya dari ABC dibanding mesin hitung lain.
komputer ABC 2 600x450 Artikel Sejarah Perkembangan Komputer

Komputer ABC 2

Atanasoff dan Berry segera mewujudkan komputer impian mereka pada November 1939. Prototipe yang mereka buat ternyata dapat bekerja. Atanasoff menamakan mesin hitung digitalnya itu dengan ABC. Kependekan dari Atanasoff-Berry Computer.

Lebih dari sekadar dapat bekerja, ABC pun ternyata lebih unggul dari mesin hitung lain yang ada saat itu. Ini dibuktikannya dengan mampu menyelesaikan 29 persamaan linear secara bersamaan. Dibutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mendapatkan penyelesaiannya dari ABC dibanding mesin hitung lain.

Namun, bila dibandingkan komputer modern saat ini, ABC sangatlah “primitif”. Ia tak dilengkapi dengan CPU (central processing unit). ABC hanya menggunakan tabung hampa (vacuum tube) untuk mempercepat proses kalkulasi. Salah satu hal dari ABC yang tetap diterapkan pada komputer modern adalah pemisahan memori dari bagian komputasi. Ini seperti halnya memori DRAM sekarang.

Pada Desember 1940, dalam sebuah pertemuan ilmiah di Philadelphia, Atanasoff berkenalan dengan John Mauchly. Mauchly termasuk salah seorang pembicara yang tampil untuk mendemonstrasikan kalkulator
analog penganalisis data cuaca. Pada perkenalannya itu Atanasoff menceritakan penemuan mesin ABC-nya pada Mauchly. Atanasoff pun mengundang Mauchly untuk mengunjunginya di Iowa.
Mauchly Portrait Artikel Sejarah Perkembangan Komputer

Mauchly Portrait

Selesai pertemuan, Atanasoff bersama Berry mampir di Washington untuk mengunjungi kantor paten. Mereka mencoba meyakinkan kantor paten bahwa konsep yang diterapkan pada ABC benar-benar yang pertama. Ternyata benar! Meski demikian, keduanya tak segera mematenkan ABC

Meski ABC telah terbukti menjadi solusi alternatif untuk menggantikan kalkulator, namun Atanasoff tak pernah sempat menyempurnakannya. Panggilan negara yang membutuhkan tenaganya saat Perang Dunia mengharuskannya meninggalkan Iowa. Mesin ABC yang berbobot ratusan kilogram tak mungkin digotong ke tempat kerjanya yang baru di Washington. Pengurusan paten ABC pun dipercayakannya kepada pegawai administrasi di kampus Iowa. Namun, tampaknya hal ini tak pernah dilaksanakan oleh sang pegawai.

Di sisi lain, Mauchly semakin sering mengunjungi Atanasoff. Kunjungan itu dimulai pada 1941 dan Mauchly mendapat kesempatan melihat ABC. Ia pun mendapat banyak ide dari Atanasoff. Sebagai sesama peneliti, Atanasoff tentu senang mendiskusikan berbagai hal kepada Mauchly. Ia pun tak pernah ragu mengungkap berbagai konsep brilian yang dimilikinya. Namun, selama kunjungannya itu Mauchly tak pernah menyebutkan kalau ia sedang mengerjakan suatu projek komputer untuk dirinya sendiri.

Belakangan Mauchly berhasil membuat ENIAC. Sebuah komputer raksasa untuk Angkatan Darat AS. Atas karyanya ini, Mauchly tak pernah menyebut Atanasoff sebagai sumber inspirasinya. Begitu pun kenyataan bahwa Mauchly menyerap banyak ilmu dari Atanasoff. Pada akhirnya masyarakat menjadi lebih mengenal ENIAC sebagai komputer digital pertama, bukannya ABC.

Namun, rupanya kebenaran tak pernah bisa disembunyikan. Kepeloporan Atanasoff pada solusi digital terungkap saat terjadi sengketa hak paten ENIAC antara Honeywell Inc. dan Sperry Rand yang membeli hak paten atas ENIAC dari Mauchly pada 1951. Pertempuran keduanya di pengadilan baru tuntas pada 19 Oktober 1973 saat hakim menyatakan bahwa paten atas ENIAC adalah tidak benar dan Mauchly (bersama J. Presper Eckert) bukanlah pioner komputer digital elektronik. Selain itu, hakim juga menyatakan bahwa Mauchly bukanlah pemilik ide yang asli, tetapi mendapatkannya dari Dr John Vincent Atanasoff.

Meski keputusan itu secara tidak langsung ikut memberi “kemenangan’ ‘ pada Atanasoff, namun kebanyakan orang masih menganggap ENIAC sebagai komputer digital pertama. Mungkin ini disebabkan karena persengketaan itu kalah pamor dibandingkan kasus Watergate yang melibatkan Presiden Nixon. ABC tetap tak banyak dikenal hingga Atanasoff tutup usia pada 15 Juni 1995


Pertemuan ke-3&4
Input-output-proses komputer
Input Device
     Input Device adalah alat yang digunakan untuk menerima inputan dari luar. Inputan bisa berupa data ataupun perintah.
Alat input antara lain meliputi:
mouse
                                                                     
keyboard
joystick


game pad

microphone

light pen

Scanner
web cam

touch pad

Output Device
     Output meruoakan hasil dari pengolahan data masukan  masukan dari input. output dapat berupa tulisan, image ataupun suara. untuk output berupa tulisan dan image hasil bisa ditampilkan ke layar monitor atau dicetak dengan printer. sedangkan sound hasil ditampilkan oleh speaker. alat output antara lain
Printer
Plotter
Monitor












Proyektor













CENTRAL PROCESSING UNIT
    Merupakan tempat pemrosesan data atau perintah yang dimasukan dari input dan kemi]udian informasi yang dihasilkan ke alat output.  Cpu terdira dari Control Unit dan ALU. Contoh dari prosessor antara lain :
  1. Intel Pentium
  2. AMD
  3. Cyrix. 
Pertemuan 4
Pengenalan Hardware Komputer
  KEYBOARD
Adalah media input utama dari sebuah komputer, data atau perintah dimasukkan dengan menekan serangkaian tombol.
 MOUSE
Media input "perintah" berbasis grafis, bekerja dengan klik, tiap klik mewakili beberapa perintah.
MOTHERBOARD
Merupakan tempat bersatunya seluruh komponen yang ada di komputer, input dan output dihubungkan dengan proses melalui IO Port.
 PROSESSOR
Adalah "otak" dari sebuah komputer, bertugas mengatur seluruh proses kerja pada komputer.
MONITOR
Media output utama yang bersifat "soft copy".
HARDISK
Media penyimpanan utama dari komputer, kapasitas besar menurut hukum moore
MEMORY
Tempat penyimpanan sementara yang bersifat "volatile" tergantung pada arus listrik
IO Port
IO Port berfungsi untuk menghubungkan perangkat input output dengan CPU.
Teknologi Bus
Bus adalah saluran untuk menghubungkan satu bagian komputer dengan bagian yang lainnya.
Pertemuan 5
Pada pertemuan ke 5 tidak ada materi karena Quiz


Pertemuan ke-5
Quiz

Pertemuan ke-6
Media penyimpanan
Media Penyimpanan merupakan peralatan fisik yang menyimpan representasi data.
Terbagi menjadi 2 golongan, yakni :
        Penyimpanan Primer : memori yang dapat diakses langsung oleh prosesor
         kecepatan akses tinggi, kapasitas lebih kecil, dan berharga mahal (Internal Storage).
        Penyimpanan Sekunder : memori yang diakses prosesor melalui piranti I/O
         kecepatan akses rendah, kapasitas besar, dan berharga lebih murah (Eksternal Storage).
Primary Storage
        Random Access Memory (RAM)  
        Read-only Memory (ROM)
        Cache
Random Access Memory (RAM)
        Berdasarkan cara kerja:
         Dynamic RAM (DRAM)
         Fast Page Mode DRAM (FPM DRAM)
         Extended Data Output DRAM (EDO DRAM)
         Synchronous DRAM (SDRAM)
         Rambus DRAM (RDRAM)
         Double Data Rate SDRAM (DDR SDRAM)
         Untuk video :
        Video RAM (VRAM)
        Windows RAM (WRAM)
        Synchronous Graphic RAM (SGRAM)
                     –        Static RAM (SRAM)
  •             Berdasarkan Module:
        Single Inline Memory Module (SIMM)
        Double Inline Memory Module (DIMM)
        RIMM (Rambus)
  •            Berdasarkan jumlah pin : 30 pin, 72 pin, 168 pin
  •            Berdasarkan kecepatannya (nanosecond)
Read-only Memory (ROM)
        ROM: Read Only Memory
        PROM: Programmable ROM
        EPROM (Erasable PROM)
        EEPROM (Electrically EPROM)
Cache
            Biasanya Cache ini terdapat pada processor dan dari tingkatan memory cache ini adalah yang paling mahal.
Secondary Storage
Berdasarkan cara akses:
Magnetic tape
        Sequential Access Storage Device (SASD, sekuensial = berurut): Magnetic tape, punched card, punched paper tape
        Direct access storage device (DASD):
         magnetic disc : Floppy disk / diskette, hard disk (fixed disc)
         optical disc : CD-ROM, DVD, FMD
         gabungan: magneto-optical disc
        Electrical storage
         Flash Disk
         MMC,SD,Memory Stick,CF  
         SSD (Solid state disk) 
   






Pertemuan ke-7
Pengenalan software
Fungsi Perangkat Lunak
      Merupakan program yang  dimengerti oleh komputer untuk melakukan kegiatan seperti menghitung, menggambar,dan menghasilan suara, sehingga ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.


PERKEMBANGAN PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK
          Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cari ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
•          Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler.
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK
Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer . Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out.
Era Stabil
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi  :
•          Perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal
          Perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentU.
Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu.
 KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK
Sistem Operasi
saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 7, IMB OS/2, Apple’s System 7
Perangkat Lunak Bahasa
 merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
Aplikasi
 sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility




Tidak ada komentar:

Posting Komentar